15 October 2013

11 Solusi dari Penyebab Komputer tidak Konek ke Internet

Salam IT Newbie, Sebenarnya jika komputer/ laptop kita dalam keadaan normal maka akan langsung dapat terkoneksi secara langsung ke internet baik itu melalui akses modem maupun wifi. Padahal dalam beberapa kasus ini IT Newbie pernah mempunyai beberapa permasalahan yang terjadi pada jaringan komputer kami yaitu Koneksi Internet sering terputus - putus, Error pada winsock Jaringan LAN dan lain sebagainya yang terkadang diluar dugaan kita. Sebagian dari kita kebanyakan tidak tahu dan harus bagaimana mengatasi permasalahan pada jaringan network kita.
Sedikit cerita dari pengalaman IT Newbie, dimana saat itu saya memiliki sebuah permasalahan dimana saat itu komputer masih dalam keadaan fresh install belum banyak data di komputer yang dimasukkan ke komputer, namun saat itu saya ingin mencoba mengakses internet tetapi tiba-tiba tidak bisa konek-konek. Padahal komputer tersebut baru diinstall dan tidak ada virus yang mengganggu. Namun saya mencoba dengan komputer lain, dan hasilnya sekali di colok dengan kabel LAN komputer dapat langsung konek ke internet. Ada yang aneh bukan??
Sempat bingung dan pusing dibuat permasalahan jaringan internet ini, dan saya berpikir pasti ada yang aneh dengan network nya, namun setelah saya analisa ada beberapa hal yang belum saya lakukan, yang membuat komputer saya tidak konek ke internet.
Berikut ini permasalahan network yang saya alami:
1. Komputer tidak mendapat IP Address, padahal komputer lain, yang sudah saya coba dapat dengan mudah konek ke internet dan koneksi internetnya berjalan normal.
2. Hasil dari renew IP Address tidak membuahkan hasil atau gagal total, padahal seharusnya jika kita lakukan ipconfig /release kemudian ipconfig /renew dapat dengan mudah melakukan renew IP address namun hasilnya tetap saja nihil.
3. Pemberian IP public secara manual tidak membuahkan hasil, saya mencoba konek ke internet hasilnya tetap saja error.
4. Tidak bisa melakukan ping ke luar komputer, apalagi melakukan ping ke akses ke internet. Padahal ping ke komputer dalam satu jaringan bisa.
Dengan menganalisa permasalahan diatas, saya yakin permasalahan bukan pada jaringan access point atau router karena saya sudah mencoba komputer yang lain dapat dengan mudah browsing ke internet dengan normal.
Bagaimana dengan permasalahan ini?

Saya sempat bingung lagi dan menganalisa kembali, kemungkinan permasalahan yang ada pada system komputer kita yang error, dan tidak mau menerima untuk konek ke internet.
Dalam menyelesaikan permasalahan ini saya melakukan beberapa perbaikan pada system dengan melakukan 11 Solusi merepair pada system network komputer saya, berikut ini langkah-langkahnya :
1. Reset IP Address (TCP/IP)
2. Repair Winsock Windows (Reset Catalog)
3. Renew IP Address internet connection
4. Flush DNS Resolver Cache yaitu Membersihkan temporary pada alamat DNS yang masih  tersimpan di komputer kita.  Secara default atau normal komputer kita juga menjaid DNS resolver.
5. Repair atau reset Internet Explorer pada windows 
6. Melakukan Clear Windows Update History
7. Melakukan Repair Windows /  Automatic Update setiap kali mengakses ke internet
8. Melakukan Repair HTTPS/SSL/ Chriptography
9. Melakukan Reset Windows Firewall Configuration pada windows
10.Melakukan Restore the Default hosts file pada file .hosts yang terdapat pada system windows yang terkadang sering manjadi sasaran Virus/trojan, file ini berisi default pad localhost (127.0.0.1). Terkadang  alamat pada system windows ini di rubah/ditambahi dengan DNS palsu oleh program jahat.
11.Melakukan Repair Workgroup Computer view
Dengan mengikuti 11 langkah-langkah diatas sobat dapat mencoba melakukan repair pada system network windows. IT Newbie telah melakukan 11 langkah diatas, dan hasilnya komputer IT Newbie dapat konek ke internet dan dapat melakukan browsing.
Semoga tutorial 11 Solusi dari Penyebab Komputer tidak Konek ke Internet yang panjang ini dapat bermanfaat untuk sobat semua.
Salam IT Newbie..

No comments:

Post a Comment